Refleksi Pembelajaran: Manfaat dan Cara Penulisan yang Tepat

Dalam profesi guru ada yang disebut dengan refleksi pembelajaran. Refleksi dalam pembelajaran ini adalah suatu proses berpikir ulang dan review ulang tentang pembelajaran yang telah terjadi di kelas. Penulisan jenis dokumen ini sangat penting untuk mencatat perkembangan pembelajaran siswa di kelas. 

Penulisan refleksi dalam pembelajaran sendiri bisa membantu guru agar lebih produktif dan bisa mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai. Namun, banyak sekali guru yang masih lupa atau tidak tahu cara penulisannya. Padahal hal ini sangat penting dan menjadi informasi yang berharga bagi guru.

Kalau Anda adalah salah satu yang masih sering lupa dan malas menulis refleksi dalam pembelajaran di kelas, simak penjelasannya di bawah ini dan catat informasinya secara lengkap. 

Pengertian Refleksi Pembelajaran

Refleksi dalam pembelajaran adalah suatu kegiatan perenungan kembali proses pembelajaran yang telah berlangsung di kelas. Kegiatan ini dapat guru lakukan untuk membantu melakukan evaluasi pada proses pengajaran di kelas, membantu mengonfirmasikan pencapaian siswa, dan nantinya dapat menjadi bahan perbaikan guru kalau terdapat kekurangan dalam pembelajaran. 

Kegiatan ini dapat guru lakukan dengan berbagai cara, bisa dalam bentuk lisan maupun tertulis. Untuk pelaksanaan secara tertulis, guru bisa menyiapkan formulir berisi pertanyaan akan opini siswa mengenai pembelajaran yang guru lakukan. 

Sedangkan secara lisan, guru dapat melakukan diskusi secara kelompok atau melakukan tanya jawab dengan siswa. Melalui cara ini, siswa bisa memberikan pendapat secara langsung sehingga bisa membantu proses pembelajaran di masa depan. 

Proses kegiatan ini sangat penting agar dapat membantu meningkatkan kualitas pengajaran di kelas. Jadi guru bisa mengajar dengan lebih baik dan siswa bisa mendapatkan kualitas pengajaran yang mereka inginkan.

Dengan cara ini guru juga bisa meningkatkan kemampuan diri serta mengetahui kekurangan dan kekuatan yang ia miliki. Hal ini akan membantu dalam karir keguruan. 

Cara Menulis Refleksi Pembelajaran

Guru bisa menuliskan publikasi refleksi dalam pembelajaran dengan meminta murid untuk menjawab pertanyaan yang telah tersedia. 

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, guru bisa menanyakan opini siswa mengenai pembelajaran yang mereka lakukan. 

Pertanyaan yang bisa guru tanyakan yaitu:

  • Apakah ketika guru membuka pelajaran bisa membantu mengarahkan serta mempersiapkan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan baik? 
  • Bagaimana tanggapan siswa mengenai materi dan bahan ajar yang guru sajikan? Apakah sesuai dengan harapan dan kemampuan siswa? 
  • Bagaimana respon siswa pada media pembelajaran yang guru gunakan, apakah sesuai dengan kebutuhan dan mempermudah proses pembelajaran? 
  • Bagaimana tanggapan siswa pada kegiatan pembelajaran yang guru rancang? 
  • Apa tanggapan siswa pada metode pembelajaran yang guru gunakan? 
  • Apa tanggapan siswa pada pengelolaan kelas yang guru praktekkan? 
  • Apakah siswa bisa memahami penjelasan atau instruksi guru dengan baik? 
  • Bagaimana opini siswa pada penilaian atau latihan yang guru lakukan? 
  • Apakah guru sudah bisa mengatur waktu pembelajaran dengan baik? 
  • Apakah siswa telah mencapai penguasaan materi sesuai dengan ketentuan? 

Setelah itu guru bisa mengumpulkan formulir tersebut sehingga bisa membuat simpulan dari data yang ada. Dengan data ini, guru bisa mempelajari kekurangan dan apa saja yang perlu guru berikan di pembelajaran berikutnya. 

Jika sudah mendapatkan simpulan dari refleksi dalam pembelajaran, guru bisa merancang pembelajaran yang lebih baik lagi. Guru bisa menggunakan data pada formulir yang telah tersampaikan sehingga bisa mendapatkan gambaran pembelajaran apa yang cocok untuk siswa yang mereka ajar. 

Guru bisa menuliskan rancangan pembelajaran tersebut dan juga target pembelajaran yang ingin dicapai. Hal ini akan mempermudah dalam proses evaluasi diri di kemudian hari sehingga bisa mengetahui keberhasilan dari rancangan pembelajaran tersebut. 

Manfaat Menulis Refleksi Pembelajaran untuk Guru dan Siswa

Ada beberapa manfaat yang bisa guru dapatkan ketika menulis refleksi dalam pembelajaran di kelas. Berikut ini beberapa manfaatnya untuk siswa dan guru:

1. Membantu Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Menulis refleksi dalam pembelajaran akan membantu guru agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Hal ini karena guru dapat mengetahui bagian mana yang mungkin harus mendapatkan perbaikan dari sisi pengajaran atau materi. 

Dengan begitu, guru akan dapat meningkatkan diri dengan lebih lagi sehingga bisa memberikan pengajaran yang maksimal pada siswa yang mereka ajar. Guru juga bisa melatih profesionalisme dalam pengajaran sehingga bisa memberikan kualitas terbaik dalam pekerjaannya. 

2. Mengetahui Kelemahan dan Kelebihan dalam Pembelajaran

Manfaat lainnya dari kegiatan ini yaitu dapat membantu mengetahui kelemahan dan kelebihan dari pengajaran di kelas. Dengan mengetahui kelemahan sendiri, guru akan dapat melakukan refleksi diri sehingga bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitas dalam diri mereka. 

Hal ini akan berguna sehingga guru bisa mengenal apa saja yang ia bisa dan tidak bisa. Guru yang mengetahui kelebihan diri juga akan mengetahui apa saja kekuatan yang mereka miliki sehingga bisa menggunakan kelebihan itu dengan lebih baik di kelas. 

3. Membantu Meningkatkan Perencanaan dan Pengelolaan Kelas di Kemudian Hari

Dengan adanya refleksi dalam pembelajaran, guru akan tahu apa saja kekuatan dan kekurangan dalam proses pembelajaran yang mereka lakukan. Dengan hal ini guru bisa merancang pembelajaran dan materi dengan lebih baik sehingga sesuai dengan tujuan pembelajaran dan bisa membantu siswa dalam memahami materi. 

Guru juga bisa meningkatkan pengelolaan kelas agar jadi lebih kondusif sehingga proses penerimaan materi pelajaran bisa berjalan lancar. Hal ini akan sangat berguna bagi siswa dan guru. 

4. Mengetahui Kebutuhan Siswa

Manfaat lain yaitu bisa mengetahui kebutuhan siswa. Tiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda, maka dari itu proses pembelajaran bisa saja tidak sesuai dengan kebutuhan siswa lainnya. 

Dengan adanya refleksi dalam pembelajaran ini, guru akan mengetahui apa saja kebutuhan siswa dalam hal pengajaran di kelas sehingga bisa merancang dan membuat pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai. 

5. Siswa Mendapatkan Pengajaran yang Lebih Baik

Dengan pembelajaran yang terus meningkat, siswa akan mendapatkan pengajaran yang maksimal dari guru tersebut. Dengan begini, siswa bisa memahami materi dengan lebih baik lagi dan bisa melaju ke tingkat selanjutnya. 

Siswa juga bisa meningkatkan prestasi akademik dengan pemahaman yang lebih baik di kelas. Hal ini akan menguntungkan bagi guru dan siswa. 

6. Siswa Mendapatkan Pengajaran yang Sesuai Kebutuhan 

Dengan adanya refleksi pembelajaran, siswa akan mendapatkan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, siswa juga bisa memahami materi dengan lebih baik dan sesuai. 

Dengan begitu, siswa bisa mencapai prestasi yang cemerlang dari sebelumnya. Hal ini sangat penting dalam perkembangan siswa di sekolah. 

Refleksi Pembelajaran Punya Berbagai Manfaat

Itulah dia informasi tentang refleksi pembelajaran mulai dari manfaat hingga cara menulisnya secara tepat. Guru bisa menggunakan cara ini untuk mengembangkan diri dan juga mencatat hal penting dalam pembelajaran di kelas sehingga bisa mencapai simpulan yang berguna.

Bentuk Kolaborasi Guru dan Siswa, Apa Saja Jenisnya?

Kolaborasi Menulis Guru dan Siswa, Apa Manfaatnya dalam Pembelajaran?

Apa Itu Jurnal Refleksi Guru? Ketahui Pengertian dan Contohnya

Share the Post:

Related Posts